Cara Mengatasi Luka Bakar Pada Anak


Luka bakar merupakan insiden kecelakaan yang mungkin sudah dialami oleh banyak orang karena beberapa penyebab, seperti terkena panas knalpot kendaraan bermotor, terkena minyak panas saat melakukan aktivitas memasak, tersiram air panas, terkena percikan api, dan lain-lain. Biasanya orang yang terkena luka bakar diolesi odol atau pasta gigi untuk mengobatinya. Padahal cara ini sebenarnya kurang tepat karena pemberian pasta gigi yang mengandung mint justru akan membuat kulit semakin melepuh, yang dapat memperparah luka bakar pada anda atau buah hati, maka cara ini harus dihindari. Ada banyak cara mengatasi luka bakar sebagai pertolongan pertama yang dapat anda lakukan seperti yang akan kami bahas berikut ini.

Pertama, untuk mengatasi luka bakar ringan, dinginkan bagian kulit yang terkena luka bakar dengan menyiramkan air mengalir agar kulit yang terkena luka bakar turun suhunya. Jika tidak terdapat air mengalir, anda bisa menggunakan zat cair dingin seperti susu. Jika kulit yang terkena luka bakar melepuh sebaiknya jangan sekali-kali memecahkannya, gunakan salep atau khusus untuk luka bakar.

Kedua, menangani luka bakar serius. Saat terjadi luka bakar lebih besar, hal pertama adalah mendinginkannya dengan menyiramkan air pada bagian kulit yang terbakar selama 10 hingga 20 menit, air yang dipilih haruslah air mengalir, bukan dengan merendamnya pada air yang diam. Jika yang terkena luka bakar anak kecil, hindari pemberikan air es untuk mencegah terjadinya hipotermia.

Ketiga, jika luka bakar terjadi pada area yang tertutup pakaian maka usahakan untuk membuka pakaian anak yang terkena luka bakar, jika tidak dapat dibuka karena menempel maka jangan dipaksakan, anda dapat mengguntingnya dan biarkan bagian pakaian yang menempel, lepaskan berbagai perhiasan yang akan menghambat gerak penderita di area luka bakar.

Keempat, sebelum penderita di bawa ke dokter, tutupi luka bakar menggunakan kain yang tidak berserabut untuk menghindarkannya dari infeksi. Kain yang dapat digunakan seperti kain sprei dan sarung bantal yang bersih. Jika luka bakar terdapat di area tangan, gunakan kantung plastik untuk melindungi dari debu dan kotoran yang bisa menempel hingga di bawa ke dokter.

Demikian sebagian cara mengatasi luka bakar pada anak sebagai langkah pertolongan pertama.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s